Batita Bayi Buah Hati Family Remaja Tips Parenting Tumbuh Kembang

Ternyata Begini Cara Mendidik Anak Berdasarkan Usia

Mendidik anak berdasarkan usia memang tidak mudah. Selalu ada saja hal yang tidak tidak sesuai dengan teori-teori yang sudah kita pelajari. Sudah berapa kali kita membaca buku parenting dan ikut berbagai seminar mendidik anak pun ternyata kenyataan memaksa kita mencari solusi baru. Yah, begitulah mendidik anak itu memang ada tahap-tahapnya. Nah, sebaiknya orang tua perlu mendidik ana berdasarkan usia mereka.

1. Tahap pertama (0-7 tahun)

Diusia ini orang tua berada dalam zona merah. Artinya banyak larangan kepada orang tua. Tidak boleh marah-marah atau melarang anak apalagi sampai membentak dan melakukan kekerasan fisik. Sebab, diusia ini anak sedang berada dalam masa cemerlang dimana otak kanannya tumbuh dengan pesat. Anak adalah raja yang harus diutamakan agar kelak ia menjadi anak yang cerdas. Sebab sekali saja anak mendapat kekasaran baik itu verbal maupun fisik maka 560 ribu sel otak anak akan rusak yang tentu berpengaruh pada kecerdasannya.

2. Tahap kedua (7-14 tahun)

Orang tua saat ini berada dalam zona kuning yang artinya harus berhati-hati. Memasuki tahap ini orang tua harus mengajari anak untuk mandiri. Mulai ajarkan bagaimana mencuci piring sendiri, mencuci pakaian, menyetrika, dan berbagai hal tentnag memenuhi kebutuhan diri sendiri. Agar kelak ia menjadi anak yang mandiri. Sehingga ia tidak bergantung kepada orang lain. Meski dirumah ada pembantu rumah tangga pun ajarkan anak untuk bisa memenuhi kebutuhannya sendiri sejak usia ini.

3. Tahap Ketiga (14-21 tahun)

Inilah saat dimana anak harus menjadi sahabat terbaik bagi anak-anaknya. Diusia ini anak mulai merapat kepada komunitas yang sesuai dengan seleranya. Tempat dimana ia akan menghabiskan sebagian besar waktunya. Alangkah baiknya jika komunitas yang ia cari adalah keluarganya sendiri. Dimana ia akan meluapkan isis hatinya dan menggambarkan cita-citanya. Tahap ini adalah zona hijau bagi orang tua yang tidak lagi perlu membuntuti kemana anaknya pergi. Sebab ia akan kembali kerumah yang pasti ia rindukan.

4. Tahap Keempat (21-18 tahun)

Zona biru bagi orang tua yang anaknya memasuki rentan usia ini. dimana anak sudah harus banyak belajar menjadi pemimpin. Jika muslim latihlah anak laki-laki untuk menjadi imam saat shalat Sunnah. Untuk wanita latih ia untuk mengerjakan proyek keluarga dan utus dia sebagai pemimpin. Intinya beri mereka kepercayaan. Misalnya pada hari ulang tahun ayah, maka yang akan menjadi pemimpin dan mengatur semua pesta adalah anak yang usianya sudah pantas dibebani amanah kepemimpinan.

Jadi, sebagai orang tua kita harus tahu bagaimana tahap mendidik anak ini. Karena setiap anak terlahir dengan bakat dan minat yang berbeda. Mereka pun punya keinginan sebagaimana orang tua. itulah kenapa kita harus mendidik anak sesuai dengan usianya agar kelak ia menjadi pribadi yang bisa menentukan sikap tanpa harus merasa dipaksa atau tertekan.