Family Hubungan Hubungan Keluarga

Mertuamu Cerewet? Simak Nih Cara Menghadapinya

Kalau kamu merasa mertuamu cerewet itu artinya beliau sayang kepadamu. Hanya caranya saja yang sedikit berbeda. Yah, walaupun kurang menyenangkan tapi kecerewetan itulah yang akan membuat kita berkembang loh. Nah, kalau kebetulan kamu punya mertua cerewet ada baiknya kamu lakukan hal-hal sederhana ini;

1. Dengarkan Seksama

Memang mendengar orang yang cerewet sama sekali bukan hal yang menyenangkan. Tapi, kalau kamu tidak mendengarkan mertuamu dengan seksama kamu malah akan mendapat omelan yang lebih banyak lagi. Baiknya, kamu dengarkan dulu saja agar kamu tahu maksud baik dibalik cerewetnya  itu. Bukankah, orang tua tidak akan cerewet jika bukan untuk kebaikan.

2.Jangan Lakukan Kesalahan Yang Sama

Biasanya mertua akan cerewet ketika kita melakukan kesalahan atau hal-hal yang tidak ia sukai. Sebaiknya, jangan melakukan kesalahan yang sama dihadapannya. Kamu bukan hanya akan mendapatkan banyak komplain dari beliau tapi juga akan menambah luka pada hatinya. Sebisa mungkin hindari melakukan kesalahan untuk kedua kalinya.

3.Berikan Pujian Pada Kebaikannya

Tidak munafik, setiap orang suka dipuji atas hal baik dan benar yang dilakukannya. Begitu juga dengan mertuamu, orang tua memang tidak secara nyata ingin dipuji tapi penghargaan bagi mereka adalah hal yang penting. Apalagi kamu telah mengambil anaknya darinya disaat ia sudah sekian lama merawat anaknya hingga bisa menjadi pasanganmu.

4. Sering Berkunjung Ke Rumahnya

Membina hubunganbaik dengan mertua salah satunya dengan sering berkunjung ke rumahnya. Ia pasti merindukan cucu-cucunya juga anaknya. Berkunjung juga menandakan kalau kamu selalu mengingat mertuamu dan menjadi indikator adanya hubungan baik antara kalian. Jika memungkinkan menginaplah di rumah mertuamu paling tidak sebulan sekali jika dekat. Kalau jauh setidaknya berkunjunglah ketika hari libur panjang atau hari raya.

5. Berikanlah Hadiah

Orang tua biasanya memang tidak pernah mengungkapkan keinginannya kepada anaknya. Tapi, ada baiknya kalau kamu memberi mereka hadiah. Sebab, hadiah adalah salah satu ungkapan cinta tanpa kata yang bisa tertanam didalam jiwa si penerima. Mertua akan sangat bahagia ketika tahu menantunya begitu menyayanginya.

6. Ajak Berlibur

Terkadang mertua yang sudah tua juga mengalami kejenuhan. Mereka membutuhkan refreshing agar hati mereka tenang dan pemikiran mereka juga jernih. Liburan bersama juga bisa mempererat hubungan keluarga yang renggang karena kesibukan masing-masing. Disini sebuah keluarga akan terlihat kompak satu sama lainnya.

Nah, jika mertuamu cerewet jangan negative thinking dulu. Tidak selamanya cerewet itu karena kita melakukan kesalahan. Terkadang itulah cara orang tua atau mertu untuk menyampaikan bentuk kasih sayangnya. Mertua cerewet juga bukan berarti mertua yang buruk, itu hanya cara berkomunikasi mereka saja yang sedikit berbeda. So, positive thinking ya!