Anak-anak Buah Hati Hubungan Keluarga Keluarga Tips Parenting

Si Kecil Bicara Kasar? Gimana Nih?

anak bicara kasar

Tidak bisa dipungkiri kalau terkadang lingkungan berpengaruh besar. Begitu ia pulang kerumah setelah bermain, tiba-tiba Ayah Bunda mendengar kata-kata kurang sopan atau bahkan kasar dari si kecil. Biasanya anak bicara kasar setelah ada orang yang berkata seperti itu. Aduh, gimana ya kalau si kecil berkata kasar?

1. Jelaskan Artinya

Anak-anak menyerap apa saja dan mempraktekannya tanpa disaring terlebih dahulu. Karena itu ketika anak bicara kasar Ayah Bunda harus menjelaskan artinya kepada anak. Katakan kepada si kecil bahwa kata-kata itu tidak pantas diucapkan nanti yang mendengarnya akan sedih atau malah marah. Kalau anak sudah tau artinya maka kemungkinan ia akan menggunakan kata kasar itu lagi menjadi sangat kecil bahkan, bisa jadi ia malah akan memberi nasihat kepada orang lain untuk tidak menggunakan kata-kata kasar lagi.

2. Jaga Mimik Wajah Dan Intonasi Bicara

Saat anak bicara kasar, Ayah Bunda jangan panik atau malah memarahi si anak. Sebab, ia tentu tidak bermaksud jahat dengan menggunakan kata-kata itu. Ia hanya sedang meluapkan emosi didalam hatinya yang kemudian berwujud dengan kata-kata yang kurang baik. Misalnya saja “Bego lo”. Bunda harus tetap adem ketika mendengar kata-kata horor ini. Setelah anak tenang, ajak ia bicara baik-baik bahwa kata-kata itu tidak diucapkan oleh anak baik, anak, cerdas, dan anak pintar.

3. Beritahu Dari Awal

Jika kebetulan Ayah atau Bunda mendengar seseorang mengatakan kata-kata kasar didepan si kecil, maka jelaskan dari awal bahwa kata-kata itu sangat buruk. Orang yang mendengar kata-kata buruk seperti itu tidak akan senang. Kata-kata buruk tidak boleh diucapkan oleh anak Ayah dan Bunda yang hebat.

bicara kasar

4. Kerjasama Keluarga

Salah satu hal penting yang wajib dicatat adalah kerjasama keluarga. Ayah dan Bunda serta anggota keluarga lainnya juga harus menahan ucapan-ucapan kasar selagi ada anak-anak didekat kalian meski dalam keadaan marah. Nah, jika sedang terjadi perdebatan yang memungkinkan kata-kata kasar akan keluar begitu saja baiknya anak dijauhkan sampai ia tidak bisa mendengar perdebatan itu agar kelak ia tidak menirunya.