Hubungan Keluarga Kehamilan Zona Ayah Zona Ibu

Begini Cara Membangun Ikatan Batin Ayah dan Anak Sejak Dalam Kandungan

ikatan batin ayah anak

Ikatan batin antara Bunda dan si baby memang sudah terjalin saat si baby sedang dalam kandungan. Lalu bagaimana dengan Ayah? Bagaimana cara ayah membangun ikatan batin Ayah dan anak agar kelak si anak juga dekat dengan Ayahnya? Sebenarnya caranya mudah kok. Simak tips berikut ini;

1.Sering Memegang Perut Bunda

ikatan batin ayah anak1

Meski masih didalam perut sebenarnya si baby juga merasakan loh sentuhan dari luar. Kalau Bunda pasti tak terhitung jumlahnya menyentuh si baby yang masih didalam perut. Nah kalau Ayah yang lebih sering diluar rumah ada baiknya sering-seringlah menyentuh si baby didalam perut bunda. Misalnya ketika malam hari saat Bunda sedang tidur atau kapan saja selagi ada kesempatan.

2. Ajak Bicara

ikatan batin ayah dan anak

Didalam perut si baby sudah menghafal suara Bunda. Nah, kalau Ayah juga sering mengajak ngobrol si baby. Lama-kelamaan si baby juga kan menghafal suara Ayah loh. Ngobrol apa dengan bayi didalam perut? Tentang apa saja, bisa menanyakan kabar si baby, kegiatan Ayah selama hari ini, atau harapan-harapan Ayah nantinya.

3. Ajak Ikut Serta Kegiatan Ayah

ikatan batin ayah dan anak

Gimana caranya? Misalnya Ayah sedang membaca Al Qur’an, buku cerita, atau memainkan musik klasik ajak saja Bunda disamping Ayah. Apa yang didengar Bunda juga didengar si baby meski berada didalam perut. Nah, kalau Ayah rajin shalat malam, akan lebih baik lagi kalau si baby juga dibangunkan untuk ikut shalat malam didalam perut Bunda tentunya.

4. Membantu Persiapan Bunda

ikatan ayah dan anak

Saat Bunda merasa senang, maka si baby juga ikut senang. Misalnya Ayah membantu Bunda mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga sehingga Bunda menjadi senang. Si baby juga akan merasakan rasa terimakasih Bunda terhadap Ayah sehingga timbullah ikatan batin antara Ayah dan si baby. Kedepannya si baby akan lebih cepat mengenal Ayah sebagai orang tuanya.

Ikatan batin Ayah dan anak akan terjalin kuat jika sejak dalam kandungan Ayah sudah menjalin hubungan baik dengan si baby. Ayah membuat sering membuat Bunda kecewa saat hamil maka si baby juga merasakannya. Itulah yang membuat si baby ketika lahir dan memasuki masa balita nanti kurang dekat dengan Ayahnya.