Bayi Buah Hati Tumbuh Kembang

Bayi Usia Lima Bulan Sudah Bisa Duduk Bersandar, Apa Lagi ya?

bayi usia lima bulan

Saatnya mengajak si baby jalan-jalan Bunda. Bayi usia lima bulan sangat suka jalan-jalan sambil memperhatikan lingkungan sekitar. Tidurnya sudah mulai teratur, biasanya ia akan tidur dua kali yaitu siang dan sore hari. Ia juga sudah mulai berhenti begadang, karena baginya malam adalah waktu istirahat. Bayi lima bulan ini terlihat semakin menggemaskan ya.

Perkembangan Motorik

5 bulan bayiku

Si baby kini tangannya semakin kuat, ia sudah bisa memegang gelas atau botol susunya sendiri. Si baby sudah aktif berguling kesana kemari loh. Ia juga sudah bisa duduk, tapi masih harus disangga. Si kecil semakin aktif bergerak untuk mempersiapkan kemampuan gerak berikutnya. Ia berlatih tengkurap lalu telentang hingga berulang-ulang. Si baby sebenarnya sudah bisa duduk tanpa disangga, tapi hanya beberapa saat kemudian ia akan terhuyung dengan sendirinya.

Perkembangan Indera

5 bulan1

Indera penglihatannya sudah mencapai tingkat 20/20. Ia sudah bisa melihat jelas dari jarak jauh sekalipun. Tapi, ia tetap lebih suka melihat warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. Ia juga sudah mengenali Bunda dan Ayahnya juga orang-orang terdekatnya.

Ia juga akan mencari sumber suara yang memanggil namanya. Ia juga sudahmengerti suara yang didengarnya seperti suara mobil, suara hewan, dan suara orang-orang disekitarnya. Dia juga akan sering membuat suara-suara seperti da-da, ma-ma, pa-pa, ta-ta dan lain sebagainya.

Diusia ini Ayah Bunda akan sering mendengar tawa renyahnya. Ia akan mudah tertawa meski hanya melihat yang sederhana tapi menarik baginya. Ajaklah ia bermain dengan permainan yang membuatnya bahagia, Ayah dan Bunda pasti akan senang dengan ekspresi bahagianya.

Perkembangan Komunikasi

Si baby sudah akan merespon ketika ada yang memanggil namanya, ia juga sudah mulai mengajak anak mengobrol dengan bahasanya. Ajak ia membicarakan apapun yang Bunda lihat dengannya. Kalau ia menanggapi dengan bahasanya Bunda juga bisa menjawabnya sambil tersenyum. Ia akan sangat senang ngbrol dengan Bunda dan Ayahnya loh.

Perkembangan Sosial

5 bulan cover

Si baby senang melihat anak-anak disekitarnya loh Ayah Bunda. Ajaklah ia melihat anak-anak kecil yang bermain dengan penuh canda tawa. Ia mungkin akan menggoyang-goyangkan kakinya meski dia sedang ada dalam gendongan Ayah Bunda. Itu pertanda kalau ia tertarik dengan anak-anak yang bermain. Tapi jika tidak ia akan sibuk melihat kanan dan kiri sambil merengek.

Pada bayi usia lima bulan kemampuan motoriknya memang berkembang sangat baik, tapi Ayah dan Bunda harus mengawasi pergerakannya secara ektra sebab diusia ini banyak bayi yang terjatuh dari dipan tempat tidur. Usahakan jangan meninggalkan si baby sendirian diatas tempat tidur ya Ayah Bunda. Bayi lima bulan masih rentan, jika terjatuh lihat kondisinya jika ia menangis artinya ia baik-baik saja. Tapi, kalau ia tidak sadarkan diri ini pertanda buruk, segera bawa ke dokter terdekat.