Batita Buah Hati Family Hubungan Keluarga Remaja Tips Parenting Tumbuh Kembang

Duh Inilah Bahaya Membandingkan Anak, Nomor 5 dan 6 Paling Ngeri

membandingkan anak cover

Bahaya membandingkan anak kurang disadari oleh sebagian besar orang tua. Padahal hal ini sangat mengganggu hubungan antara orang tua dan anak. anak yang dibanding-bandingkan dengan anak lain atau saudaranya cenderung akan mengalami perkembangan mental yang buruk. Nah, berikut ini kemungkinan buruk yang akan terjadi sebagai akibat dari bahaya membanding-bandingkan anak;

1. Anak Minder

Anak yang dibanding-bandingkan akan tumbuh menjadi anak minder karena kurang percaya pada kemampuan dirinya sendiri. Ia akan merasa takut menghadapi apapun bahkan hanya hal kecil. Jangankan berpresatasi anak malah akan menjauh dari lingkungan. Jadi, jangan salahkan anak jika ia tak berprestasi bisa jadi penyebabnya adalah dari orang tua sendiri.

bahaya membandingkan anak 1

2. Susah Bergaul

Ketika seorang anak sudah kehilangan kepercayaan dirinya maka dia akan susah bergaul. Ia akan menjauhkan diri dari teman-temannya. Sebab ia merasa dirinya tak sama dengan teman-temannya atau lebih parah lagi ia merasa sangat buruk dan tidak pantas untuk berteman. Ia tidak mampu bersosialisasi lantaran kepercayaan dirinya yang tidak berkembang.

3. Anak Menjadi Tertutup

Akibat buruk yang akan terjadi karena membanding-bandingkan anak adalah anak menjadi tertutup. Ia menyimpan rasa apapun hanya didalam hatinya. Baik itu sedih, kecewa, senang, dan rasa dalam bentuk lainn hanya untuk dirinya sendiri. Lebih mudahnya anak akan menarik diri dari lingkungan dan menyendiri. Anak yang seperti ini sangat rentan untuk merasakan depresi.

bahaya membandingkan anak4

4. Anak Akan Apatis

Anak yang dibanding-bandingkan juga bereluang menjadi anak yang apatis. Cenderung tidak peduli pada lingkungannya. Baginya tidak ada yang menyayanginya, jadi untuk apa dia memperdulikan orang lain. Dia akan menebalkan telinganya bahkan ketika orang tuanya memberinya nasihat.

5. Benci Pada Orang Tua

Bisa jadi anak pun juga akan membenci orang tuanya sendiri. Karena didalam hatinya ia menyimpan amarah yang tidak bisa ia lampiasakn. Bukan tidak mungkin anak akan menyimpan dendam yang terwujud dalam kebandelan, pergaulan bebas, atau malah kedurhakaan kepada orang tuanya. Kedepannya ia juga bisa menjadi musuh bagi orang tuanya sendiri loh Ayah Bunda.

membandingkan anak 4

 

6. Mencari Pelarian

Anak yang sudah merasa tidak nyaman didalam keluarganya terlebih kepada orang tua, akan mencari kenyamanan lain. Dia akan lebih memilih untuk bermain game di warnet seharian, menginap di rumah temannya, atau yang lebih buruk terlibat pergaulan bebas dan obat-obat terlarang.

Nah, karena itu berhentilah membanding-bandingkan anak yang satu dengan siapapun baik ketika masih kecil, remaja maupun sudah dewasa. Bahaya membandingkan anak tak hanya akan berdampak buruk bagi hubungan keluarga tapi juga bagi kemampuan sosial anak berhubungan dengan orang lain. Coba bayangkan saja jika Ayah atau Bunda dibanding-bandingkan dengan orang tua lain. Bukankah itu membuat kita sedih?