Family Health Hubungan Keluarga Kehamilan

Janin Bisa Sembuhkan Organ Ibu Yang Rusak, Ajaib Ya?

Ibu memang memberikan bayak manfaat bagi janin yang ada diperutnya. Si janin akan makan dari plasenta sang ibu. Ia tumbuh dan terlindungi di dalam perut sang ibu hingga 9 bulan. Apa yang dimakan ibu dibagi dua dengan si janin. Bahkan si ibu harus merasakan mual, pusing , dan lemas. Tapi, ternyata si janin bisa sembuhkan organ ibu yang rusak loh.
Bagaimana bisa?
Si janin bisa menciptakan sistem kekebalan tubuhnya sendiri ketika berada didalam perut sang ibu. Saat itu protein yang masuk kedalam tubuh si ibu sedang disimpan dalam darah, jadi si janin bisa dengan mudah membuat sistem kekebalan tubuh. nah, jika ada sel tubuh dari ibu yang rusak maka si janin akan mengirimkan sel induk untuk memperbaiki organ ibu yang rusak tadi.

 

janin

Hal itu disebut dengan microchismerism. Prosesnya adalah pentransferan serta penggabungan sel induk dari janin ke organ milik ibu. Sel microchismerism ini pindah melalui sirkulasi darah menuju jaringan yang rusak. Sel ini juga bisa menanamkan zat kekebalan tubuh kedalam sumsum tulang ibu.
Proses ini dibantu oleh sel yang disebut sel punca, berupa jaringan kosong yang mampu merubah dirinya menjadi berbagai macam jaringan yang berbeda. perannya sangat besar dalam perkembangan janin. Sel ini akan diangkut keluar dari sistem janin dan bersatu dengan sistem ibu meski berbeda dalam genetika selnya. Karena itulah organ ibu yang rusak bisa diperbaiki karena adanya sistem tansfer sel tadi.

 

Janin 1

Nah, sel genetika yang dikirim oleh si janin tadi bisa bertahan lama sehingga menjaga organ ibu meski si janin sudah keluar. Bahkan menurut sebuah studiĀ Prosiding National Academy of Science, untuk janin laki-laki bisa bertahan hingga 27 tahun. Sel ini bisa ditemukan pada organ dan jaringan wanita hamil seperti pada sumsum tulang belakang, darah, kulit, dan hati.
Protein yang dijadikan sebagai sistem kekebalan tubuh oleh si janin ini akan memilih tetap tinggal di organ tubuh si ibu yang sedang rusak. Sedangkan di organ yang sehat protein ini tidak ditemukan sama sekali. Jadi, si janin ternyata bisa mengirim sel induk kepada dirinya sendiri dan juga untuk ibunya. Dengan begini si janin bisa sembuhkan organ ibu yang rusak. Bahagialah ketika hamil dan jaga asupan makanan ya Bunda!

About the author

Khipti Fatimah

1 Comment

Click here to post a comment

  • terimakasih bunda, mungkin rasa penasaranku terjawab sudah. sebelum menikah dan hamil, saya punya masalah di perut. salah satunya kumat ketika jalan kaki lumayan jauh terasa ada yang sakit di bagian perut. setelah hamil, aku sering sekali jalan lumayan jauh dan tidak sakit sama sekali, hanya lelah karena berjalan. sipppp. terimakasih bunda sudah berbagi