Anak-anak Buah Hati Tips Parenting Tumbuh Kembang

Manfaat Memeluk dan Mencium Anak Bagi Perkembangannya

Seberapa sering Ayah dan Bunda memeluk atau mencium si kecil? Ternyata memberi pelukan dan ciuman pada si kecil memebrikan banyak manfaat loh Ayah Bunda. Jadi, ini bukan hanya sekedar interaksi biasa, namun penyaluran kasih sayang yang berdampak positif bagi tumbuh kembangnya. Mau tau apa saja manfaat memeluk dan mencium anak?

Menurut sejumlah penelitian yang dipublikasikan dalam Jorrnal Preceedings of the National Academy of Sciences, pelukan dan ciuman pada anak rupanya menambah jumlah endorfin dan oksitosin. Kedua hormon ini bisa merendahkan syaraf yang tegang serta tekanan darah tinggi. Dengan begini anak akan bersikap lebih tenang dalam menghadapi situasi yang sulit.

manfaat memeluk dan mencium anak 2

 

Manfaat memeluk dan mencium anak lainnya adalah meningkatkan pertumbuhan otak dan IQ. Anak yang sering dipeluk dan dicium oleh kedua orang tuanya akan menjadi lebih cerdas. Karena ketika dipeluk dan dicium ia akan merasa bahagia, kebahagiaan ini memicu perkembangan sel-sel dan keneksi sel pada otaknya. Sehingga semakin banyak koneksi sel yang terhubung semakin cerdaslah si anak.

Pelukan dan ciuman juga membuat anak merasa nyaman sehingga ia akan bisa mengendalikan dirinya dengan baik. Memeluk dan mencium anak membuat anak memiliki jiwa yang penngasih sebab kasih sayang yang ia butuhkan telah ia dapatkan secara penuh dari kedua orang tuanya. Hal ini membuat mereka juga ingin berbagi kasih sayang dengan teman-temannya.

manfaat memeluk dan mencium anak3

Sebisa mungkin peluk dan ciumlah si kecil ketika ia bangun tidur, karena ini saat dimana ia baru tersadar dari istirahatnya dan kemungkinan mencari keberadaan orang tuanya. Pelukan dan ciuman juga baik diberikan kepada anak menjelang tidur, agar tidurnya nyenyak dan merasa tenang sehingga perkembangan otaknya pun bisa optimal. Memeluk dan mencium anak saat ia sedang sedih dan saat ia berhasil melakukan hal baik pun juga sangat dianjurkan untuk mengajarkannya cara peduli dan menghargai.

Nah, Ayah Bunda muali saat ini sering-seringlah memeluk dan mencium si kecil ya. Sebab manfaat memeluk dan mencium anak sangat banyak baik dari segi psikologis maupun perkembangan kecerdasannya. Memeluk dan mencium anak juga menjadi indikator kedekatan orang tua dan anak loh. Yuk sayangi anak!