Anak-anak Batita Bayi Buah Hati Pendidikan Tumbuh Kembang

Perkembangan Otak Anak Bisa Distimulasi Loh, Ini Caranya

perkembangan otak anak

Perkembangan otak anak sangat cepat apalagi dimasa balitanya terutama diseribu hari pertamanya hidup didunia ini. Ia mempelajari banyak hal dengan sangat cepat. itulah sebabnya ia mampu meniru dengan baik. Bagaimana supaya perkembangan otak anak agar lebih maksimal? Ini dia langkah-langkahnya;

1. Jangan Biarkan Ia Menangis Terlalu Lama

Menangis diawal usianya memang bisa memicu kinerja jantungnya, tapi kalau terlalu lama akan membuat perkembangan otaknya terganggu. Tenangkan si anak agar emosinya stabil dan membuat syaraf-syaraf diotaknya bisa membuat koneksi. Jadi segera datangi anak ketika menangis dan tenangkan dia agar perkembangan otaknya bisa optimal.

perkembangan otak anak 1

2. Biarkan Ia Merangkak

Merangkak adalah masa sebelum si anak bisa berdiri. Terkadang ada anak yang tidak merangkak, padahal merangkak sangat penting bagi perkembangan otak anak. Pada posisi merangkak anak sebenarnya  anak sedang mempelajari ruang dan membuat peta didalam otaknya sehingga bisa mencerdaskan otaknya. Karena itu sebisa mungkin tetap ajarkan anak merangkak meskipun ia sudah pandai berdiri jika awalnya ia tidak merangkak.

3. Bermain Games

Games yang nyata, misalnya susun balok, bermain puzzle, atau permainan aplikatif lainnya dapat membuat anak menjadi cerdas. Meski dalam penggunaannya pun masih harus dalam pengawasan orang tua. Apabila anak bermain dengan menggunakan gadget maka waktu bermainnya harus dibatasi tidak boleh lebih dari 2 jam saja. Bagi balita harus dibawah 2 jam dalam seminggu.

perkembangan otak anak

4. Latih Ia Melakukan Tugas Kecil

Ajak si kecil untuk membereskan mainan ketika selesai bermain. Libatkan dia dalam urusan Ayah dan Bunda dengan tetap mengawasinya. Ajarkan dia bagaimana menyusun benda-benda kecil didalam rumah, meletakkan barang-barang pada tempatnya, dan berbagai kegiatan kecil lainnya. hal ini sangat baik bagi perkembangan koneksi di bagian otaknya.

5. Pujilah Anak Dengan Bijak

Perkembangan otak anak akan berkembang dengan baik jika ia diberi penghargaan atas usahanya. Puji si kecil ketika telah selesai membereskan mainan dengan “ anak rajin sudah membereskan mainan. Gunakan kata-kata ajaib seperti anak baik, anak pintar, atau anak hebat. Hal ini akan membuatnya tumbuh dengan kecerdasan yang optimal. Jadi, sering-seringlah memuji anak kita karena usahanya melakukan sesuatu yang baik ya Ayah Bunda.

perkembangan otak anak 2