Anak-anak Balita Buah Hati Remaja Tips Parenting Tumbuh Kembang

Gadget Untuk Anak, Iya Atau Tidak Nih Ayah Bunda?

gadget untuk anak

Gadget untuk anak masih menjadi perdebatan hingga kini. Ada beberapa orang tua yang membolehkan ada juga yang tidak membolehkan adanya gadget untuk anak. sedangkan zaman sudah semakin maju, ketika anak dilarang menggunakan gadget ternyata di sekolah malah belajar dengan menggunakan gadget. Kalau sudah begini harus bagaimana? Gadget untuk anak boleh tidak sih?

gadget untuk anak 1

Pertanyaan tentang boleh tidaknya anak menggunakan gadget hingga kini terus menimbulkan pro dan kontra. Sebagian orang tua melarang penggunaan gadget bagi anak dengan berbagai alasan seperti yang dikemukanan para ahli. Mereka pun memiliki banyak pertimbangan kenapa mereka melarang anaknya menggunakan gadget.

Bagi orang tua yang melarang gadget untuk anak menyatakan bahwa gadget memberi dampak buruk seperti keterlambatan berbicara, terganggunya perkembangan otak karena  adanya sinyal atau radiasi dari dalam gadget, atau menghambat kemapuan sosialisasi anak yang berdampak pada kurang pandainya nak dalam bergaul, anak juga rentan untuk menjadi pribadi yang emopsional karena gadget.

gadget untuk anak 3

Sementara orang tua yang pro gadget untuk anak juga tak kalah ributnya. Bagi mereka ajarkan anak hidup sesuai dengan perkembangan zaman. Sebab kini adalah zaman teknologi, jika anak tak akrab dengan gadget maka anak akan tertinggal dalam ilmu pengetahuan dan akan mudah dibodohi orang lain nantinya. Alasan mereka semakin diperkuat dengan adanya anak-anak yang menciptakan aplikasi anak saat masih berusia kurang dari 15 tahun.

Bagi orang tua yang pro pemberian gadget untu kanak menyatakan bahwa gadget tak hanya memebri dampak negatif. Dampak itu ada ketika orang tua tak mengawasi dan memberikan gadget secara berlebihan pada anak. Sedangkan jika digunakan untuk berlatih permainan edukatif maka tidak masalah menggunakan gadget untuk anak.

gadget untuk anak 2

Gadget itu bergantung dengan pengguna dan bagaimana menggunakannya. Orang tua juga harus memilihkan program yang ramah anak secara teliti. Selain itu berikan batasan penggunaan gadget model apapun hanya 2 jam per hari agar anak tidak kehilangan waktunya untuk bersosialisasi dengan keluarga atau bergaul dengan teman-temannya. Jangan lupa untuk memasang pengaman agar konten dewasa tidak bisa masuk akan lebih baik lagi jika gadget untuk anak tanpa internet.