Anak-anak Balita Health Tips Parenting

Cacar Air Menyerang Anak, Jangan Panik Lakukan Hal Ini

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang akan dialami oleh banyak anak. penyebabnya adalah virus herpes. Penyakit ini akan menghampiri sang anak ketika ia berusia kurang dari 10 tahun. Cacar air sendiri hanya terjadi satu kali seumur hidup. Karena tubuh telah membuat antibodi sendiri untuk melawan virus itu dihari berikutnya. Nah, kalau anak kita terkena cacar air, baiknya lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Perawatan Mandi

Si kecil pasti akan merasakan gatal yang teramat sangat pada sekujur tubuhnya. Tapi, jangan biarkan ia menggaruknya, sebab kulit bisa lecet atau bahkan terinveksi. Nah, nantinya juga bisa menyebabkan luka yang berbekas berupa bintik hitam. Untuk mengurangi rasa gatal baiknya mandikan anak dengan oatmel, atau dikompres air dingin, dan bisa juga menggunakan antihistamin.

2.Turunkan Suhu Tubuh

Biasanya anak yang terserang cacat air bisa terserang demam. Sebab ini adalah reaksi tubuh jika ada yang salah dalam tubuh anak. berikan obat penurun panas seperti yang biasa digunakan juga cukup membantu. Ada baiknya jika Ayah Bunda konsultasi dulu ke dokter mengenai penggunaan obat penurun panas jika diperlukan.

cacar air ni

4. Mencegah Penyebaran

Kalau anak kita terserang cacar air, baiknya jangan biarkan ia sekolah dulu. Sebab, penyakit ini akan menulari yang lainnya jika tidak benar-benar diobati sampai benar-benar sembuh dan kering. Sebab cairan bekas cacar saja yang menempel pada orang lain yang belum terkena cacar akan membuatnya terserang cacar air juga.

5. Mengurangi Ketidak Nyamanan Karena Cacar Air

Rasa gatal yang tak tertahankan membuat anak akan terus merengek bahkan menangis karena cacar air ini.  Untuk mengurangi cacar air biasanya digunakan obat-obatan seperti Acetaminophen atau obat sejenis untuk mengurangi cacar air dan mencegahnya bertambah banyak. Untuk memberikan obat ini Ayah Bunda baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

cacar air 2

Cacar air bisa dicegah dengan melakukan injeksi imunoglobin saat ibu hamil atau saat si bayi baru lahir. Selain itu, ada juga vaksin cacar air saat si kecil melakukan imunisasi bagi yang rutin dengan imunisasi. Ayah Bunda harus bersiap karena cacar air bisa datang saat sedang musimnya jika kekebalan tubuh si anak kurang baik. (Dilansir dari Hello Health Group).

About the author

Khipti Fatimah

5 Comments

Click here to post a comment