Anak-anak Balita Batita Bayi Buah Hati Hubungan Keluarga Inspirasi Tumbuh Kembang

Setiap Anak Adalah Bintang; Bagaimana Jika Bintang Ayah Bunda Redup Sinarnya

Setiap anak adalah bintang. Mereka bersinar cerah dari majalah mereka berasal. Cinta yang membuat mereka tumbuh makin berbahaya. Sebab setiap anak adalah anugerah Tuhan yang sekaligus menjadi tugas terbesar sepanjang masa. Setiap anak adalah bintang seperti apapun cahayanya.

Namun begitulah bintang, ada yang sinarnya redup ada juga yang terang, ada juga yang besar, ada yang kecil, bahkan ada yang tak terlihat. Begitu juga dengan anak kita. Mereka tak sama, ada yang nampak berprestasi ada juga yang biasa-biasa saja. Bahkan malah ada yang terlibat pergaulan bebas.

Anak adalah bintang 1

Apakah yang salah?

Tak adil jika kita menilai anak yang terlibat pergaulan bebas adalah anak yang buruk. Atau kita terlalu memuja anak yang berprestasi. Karena sesungguhnya mereka berada dalam situasi yang berbeda. Apa yang mereka hadapi tidaklah sama, itulah sebabnya hasilnya juga berbeda.

Sama seperti ketika melihat bintang. Ada bintang yang nampak terang cahayanya. Bisa jadi karena bintang itu memang tengah berada pada posisi langit yang pas dan kita melihatnya pada tempat yang memang memungkinkan kita melihat cahaya terangnya. Tapi ada juga bintang yang nampak redup sebab sangat jauh, tertutup kabut, atau kita berada pada tempat yang membuat kita tak dapat melihatnya dengan terang.

Anak adalah bintang 2

Jadi, alangkah bijaknya jika kita melihat anak bukan dari sisi objektif. Sebab mereka adalah pribadi yang patut dinilai dari sisi subyektif. Kita bukan komputer yang hanya bisa mendeteksi apa yang salah dan benar secara rumus X dan 0. Kita adalah orang tua yang mengerti bagaimana anak kita.

Lalu, bagaimana agar mereka tetap bersinar?

Dengan menggunakan hati kita, sentuhan kasih sayang. Sebab keredupan mereka adalah sebab dari lingkungan dan hati mereka yang rapuh. Yang pasti, jangan biarkan sinar itu mati. Sebab, sesuatu yang telah mati memang akan dibangkitkan lagi namun butuh waktu yang sangat panjang. Dan kita orang tuanya tak pernah tahu usia kita sampai kapan.

Anak adalah bintang 3

Setiap anak adalah bintang. Jagalah bintangmu. Bantu ia bersinar. Ajarkan ia menjaga cahayanya. Kelak jika kau tiada disisinya ia kan tetao bersinar, bahkan mungkin menerangi dunia dengan cahayanya.

Baca juga

Guruku Garang Sekali

Filosofi Siput

Cara Cepat Membaca Buku

Tips Agar Anak Disiplin Bangun Pagi

 

 

About the author

Khipti Fatimah

4 Comments

Click here to post a comment