Batita Buah Hati Tips Parenting Tumbuh Kembang

Biarkan Anak Tantrum, Ada Manfaat Luar Biasa Dari Tantrum Loh Ayah Bunda

Biarkan anak tantrum. Tantrum adalah kondisi dimana anak ngamuk dengan mengeluarkan ekspresinya. Hal ini biasa terjadi pada anak usia balita. Tantrum kerap kali terjadi ketika orang tua melarang anak untuk melakukan sesuatu. Ini adalah bentuk kekecewaan mereka terhadap keinginannya yang ditolak. Namun ternyata ada sisi positif dari tantrum loh Ayah Bunda, seperti dilansir dari parents.com berikut ini:

biarkan anak tantrum 1
Sumber: babycenter.co.uk

1.Mengeluarkan Feeling Kecewa Anak

Anak yang tantrum artinya sedang mengeluarkan rasa kecewanya dalam bentuk ekspresi. Mereka terkadang bergulung dilantai, menedang, atau berlarian tak tentu arah. Tantrum ini baik bagi pengelolaan rasa kecewa dihati si anak. Hal ini lebih baik dari pada si anak memendeam rasa kecewa didalam hatinya dan membuat perkembangan psikologisnya terganggu bukan?

2.Tantrum Membuat Anak Tidur Nyenyak

Loh apa hubungannya? Biarkan anak tantrum dan dia akan tidur lebih berkualitas nanti. Sebab Tantrum itu mengeluarkan energi yang berbentuk emosi. Energi yang dikeluarkan membuat anak menjadi lelah, inilah yang akan membuat anak cepat tidur. Karena sudah tidak ada emosi tersisa ia tak akan bangun ditengah malam karena stress.

biarkan anak
Sumber: huffintonpost.co.uk

3.Tantrum Menjadi Salah Satu Cara Anak Belajar

Ketika anak tantrum artinya ia sedang menguji kita. dia sedang mengakal ayah Bunda agar menuruti keinginannya. Disinilah letak posisi orang tua, apakah akan lemah dengan air mata anak atau tetap pada keputusan kita. Orang tua yang lemah akan mengatakan, “udah biarin aja darpada nangis terus, malu banyak orang”. Hal ini kelak justru akan menjadi senjata sang anak untuk memaksa orang tua melakukan atau menuruti apa yang ia inginkan.

4.Tantrum Mendekatkan Anak Dengan Orang Tua

Ketika anak sedang tantrum baiknya biarkan ia mengeluarkan emosinya. Setelah ia puas mengeluarkan emosinya maka ia akan mengerti bahwa ia sedang dilarang. Ketika emosinya sudah disalurkan percaya ataupun tidak ia akan mendekati Ayah dan Bunda. Jangan dihindari, baiknya peluk ia dan katakan alasan kenapa kita melarang atau tidak menuruti keinginannya.

biarkan anak tantrum 3
Sumber: parents.com

Jadi, biarkan anak tantrum. Meski nampaknya tantrum itu memalukan, mengerikan, atau kita sebagai orang tua merasa kasihan. Tapi itulah cara anak mengeluarkan emosinya. Lambat laun ia akan memahami bahwa mengamuk atau tantrum tidak akan banyak membantunya. Seiring bertambahnya usia si kecil ia akan mulai mampu mengendalikan emosinya dengan lebih bijaksana. Biarkan anak tantrum, sebab ini adalah proses belajar yang akan membuatnya berkembang.

Baca Juga :

Perkembangan Bayi Usia 13 Bulan