Buah Hati Family Hubungan Keluarga Inspirasi Keluarga Zona Ayah

Tanda-tanda Stress Melanda Keluarga Ayah Bunda, Jangan Dibiarkan!

Tanda-tanda stress melanda keluarga. Keluarga yang sibuk memang rentan terserang stress. Biasanya hal ini dialami oleh keluarga yang semua anggotanya memiliki berbagai kegiatan. Ibu yang sibuk hingga sebelum jam 7 pagi harus menyelesaiakan semua pekerjaannya. Ayah yang siap sebelum jam 6 padi karena menghindari macet. Begitu juga dengan anak yang semua super sibuk.

Keluarga seperti ini sangat mudah terserang stress. Tanda-tandanya seperti dibawah ini:

  1. Anggota Keluarga Sulit Tidur

Coba perhatikan Ayah Bunda, ketika anak-anak sulit tidur begitu juga dengan Ayah dan Bunda ada kemungkinan keluarga sedang terkena stress. Meski sepertinya keadaaan keluarga baik-baik saja namun gangguan tidur adalah pertanda awal ada anggota keluarga yang sedang stress. Apalagi jika hal ini terjadi kepada seluruh anggota keluarga.

tanda-tanda stress
Sumber: npr.org
  1. Anak-Anak Mengurung Diri

Perhatikan aktivitas anaka-anak ya Ayah Bunda. Jika anak-anak mulai menarik diri dari lingkungan. Tidak mau bermain bahkan lebih suka mengurung diri didalam rumah. Selain itu, mereka berubah menjadi pendiam. Artinya keluarga Ayah Bunda sedang stress. Anak-anak melihat orang tuanya stress dan ikut merasakan stress yang akhirnya mnejadi penyebab mereka malah menarik diri.

  1. Saling Bertengkar

Stress dapat membuat emosi seseorang menjadi tak terkendali. Jika keluarga sedang stress kemungkinan besar akan terjadi cekcok. Bahkan masalah kecil saja bisa menjadi sebuah pertengkaran hebat. Tak jarang terjadi kasus besar seperti penganiayaan atau melukai sesama anggota keluarga sebab adu mulut yang tak terkendali.

Sumber: ccgmp.com
  1. Tidak Makan Bersama

Makan bersama saat waktu makan adalah saran komunikasi yang cukup efektif. Jika keluarga mulai stress, maka salah satu atau beberapa anggota keluaga akan absen makan. Sebab stress membuatnya tak ingin bertemu dengan anggota keluaraga yang lain. Karena itu ia akan lebih memilih untuk menyendiri saja.

  1. Lebih Banyak Aktivitas Diluar

Rumah adalah tempat yang paling nyaman bagi siapapun. Lelahnya anggota keluarga beraktivitas dilura rumah akan hilang jika sudah kemabli ke rumah dan melihat senyum anggota keluarga lainnya. Namun jika rumah mulai sepi tak ada yang suka berada di rumah artinya keluarga kita sedang mengalami stress.

tanda-tanda stress
Sumber: real-fix.com

Apa yang haru skita lakukan saat tanda-tanda stress melanda keluarga ini mulai bermunculan? Cobalah untuk mengutarakan perasaan masing-masing baik melalui tulisan atau bicara secara langsung. Luangkan waktu untuk berlibur bersama pun bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk mengurangi tanda-tanda stress melanda keluarga.

Baca juga :

Membangun Generasi Muda Yang Super

Teknologi Hambat Perkembangan Emotional Intelligence Anak

About the author

Khipti Fatimah

4 Comments

Click here to post a comment

  • Nice share! Memang stres rentan melanda keluarga terutama yang tinggal di perkotaan. Karena kadang waktu lebih banyak dihabiskan di jalan lantaran kemacetan yang terjadi di sana-sini. Setuju sekali dengan solusinya, bahwa komunikasi harusnya jadi pemecahnya. Karena jika semua anggota keluarga saling terbuka tentang apa yang dialami, dirasakan dan diharapkan, tentunya tidak akan terjadi kesulitan tidur, pertengkaran atau poin lain yang disebutkan di atas.

  • hmmmm … informasi yang sangat menarik. stress benar-benar harus dihindari untuk tetap menjadi keluarga harmonis 🙂

  • artikel menarik, sejak setelah melahirkan anak pertama, hingga sekarang saya jadi sulit tidur, klw udah lewat jam 11 malam, pasti dah sulit tidur, … hmmm
    thank infonya mba khipti