Anak-anak Remaja Tips Parenting

Tips Parenting Agar Anak Sportif Dan Tidak Menjadi Orang Yang Pecundang

tips parenting

Tips parenting. diera milaneal ni kerap kita jumpai orang-orang yang melakukan apa saja supaya menang. Penyebab utamanya sejak kecil mereka didoktrin untuk menjadi juara. “Kamu harus menang”, tanpa pandang bulu dalam hal apapun. Hal ini ternyata memebri efek anak kurang sportif dan menjadi sosok yang pecundang.
Nah, untuk mengantisipasi hal itu Ayah dan Bunda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga:

Tips Agar Pasangan Tetap Kompak

tips parenting

1. Jauhkan Anak Dari Lingkungan Kasar

Didiklah anak untuk berkumpul dengan lingkungan yang baik. Jauhkan ia dari orang-orang yang suka berkata dan bertindak kasar. Sebab orang-orang seperti itu biasanya ingin menang sendiri. Menjaga anak dari lingkungan yang buruk akan mendukung perkembangan prilaku dan jiwanya. Anak usia dini dan sekolah masih belum mampu menyaring baik dan buruk tanpa penanaman terlebih dulu dari orang tua.
2. Hati-Hati Dengan Kata-Kata Dan Tindakan Orang Tua

Poin ini cukup penting. Orang tua adalah contoh utama bagi anak. Ketika orang tua melarang anak untuk terus-menerus bermain game sementara si Ayah justru bermain game selama di rumah tentu anak akan membantah. “Ayah aja main game terus”. Karena itu terapkan aturan pada orang tua secara konsisten lalu tularkan kebiasaan baik itu kepada anak. Jika orang tua yang melakukan kesalahan atau kecurangan. Segera evaluasi dan sampaikan kepada anak bahwa ini adalah kesalahan yang tidak boleh ditiru.

tips parenting 2

3. Puji Anak Ketika Menang Namun Puji Juga Saat Menerima Kekalahan

Hal ini yang jarang dilakukan oleh orang tua. Mereka akan bangga ketika sang anak menang lomba atau juara kelas. Tapi ketika si anak tidak mendapat apa-apa, orang tua cenderung diam saja atau lebih parahnya meledek anak, memarahi bahkan menghukumnya karena ia kalah. Hal ini akan merusak jiwa sportif anak. Puji ia karena telah berlapang dada menerima kekalahan. Katakan jangan kecewa, sebab ia telah berani mencoba.

4. Didik Mereka Agar Hidup Dalam Kejujuran

Anak akan berbohong ketika orang tua menuntutnya untuk menjadi yang terbaik. Ia akan berbohong mendapat nilai A padahal sesungguhnya ia mendapat nilai D. Sebab orang tua selalu mendoktrin anaknya harus mendapat nilai A supaya bisa mendapat beasiswa, masuk kuliah tanpa tes, dan seabrek harapan orang tua lainnya. Tapi lupa mengajarkan kemuliaan dari kejujuran dalam menjalani kehidupan.

tips parenting 4
Tips parenting agar anak tetap sportif ini akan membantu anak dalam menemukan pribadi yang baik. Kita telah kehilangan manusia-manusia berbudi pekerti luhur. Dengan tips parenting ini diharapkan agar kita mampu melahirkan kembali manusia yang berjiwa besar, sportif, dan bukan pecundang. Semoga generasi mada depan kita menjadi generasi yang lebih baik. Generasi yang tak hanya mengejar kemenangan namun juga sanggup menerima kekalahan.

About the author

Khipti Fatimah

10 Comments

Click here to post a comment