Batita Bayi Buah Hati Tumbuh Kembang

Bayi Usia 14 Bulan Sudah Memahami Perannya, Apa Lagi Ya?

Bayi usia 14 bulan memang nampak lucu sekali ya Ayah Bunda. Perkembangannya juga semakin pesat. Ada-ada saja yang ia lakukan diusia ini. Si baby semakin menggemaskan dan menampakkan kecerdasannya. Bayi usia 14 bulan ini telah memahami bahwa dirinya memiliki peran.

Baca:

Perkembangan bayi usia 13 bulan
Perkembangan Motorik
Untuk motorik kasar, si baby kali ini sudah pandai berdiri sendiri Ayah Bunda. Bahkan beberapa anak sudah bisa berdiri tanpa berpegangan tangan lalu duduk dan berdiri lagi. Ada juga yang sudah pandai melangkah. Namun jangan kecewa jika si baby belum berani berjalan, tidak masalah artinya ada perkembangan lain yang sedang ditempuhnya.
Motorik halusnya si baby sudah pandai memegang benda-benda kecil. Ia juga mahir memainkan mainnannya. Ia akan berusaha untuk makan dengan sendok sendiri. Biarkan ia mencoba ya Ayah Bunda.
Perkembangan Komunikasi
Si baby sudah mampu memahami berbagai irama percakapan. Ia akan mengerti ketika orang tuanya sedang marah. Berusaha menjawab ketika orang lain sedang bertanya. Si baby sudah bisa diajak bercakap cakap nih. Meski mungkin kita akan terkekeh mendengar jawabannya.
Kosakatanya sudah mulai banyak Ayah Bunda. Meski mungkin kita hanya mendengar ujung kata-katanya saja. ia akan sering mengoceh seperti orang dewasa sekitarnya. Mengikuti kata-kata orang tuanya.

Perkembangan Kognitif
Si baby mulai menyadari siapa dirinya. Dia akan mencari tahu seberapa berarti dirinya bagi orang disekitarnya. Saat orang tuanya sibuk menonton TV atau memasak maka ia akan sibuk juga mengajak orang tuanya bermain dengannya. Diusia ini Ayah dan Bunda sudah mulai bisa menerapkan peraturan buat si kecil. Misalnya jangan mendekati kolam ikan. Maka setiap kali ia akan mendekati kolam harus diingatkan. Lama-kelamaan ia akan memahami apa yang boleh dan apa yang tidak.
Perkembanan Sosial dan Emosional
Dia juga akan ikut sibuk bersama Ayah dan Bundanya beraktifitas. Menyapu, mengambil tepung, mengelap mobil dan sebagainya. Biarkan ia ikut beraktifitas sebab dari sanalah ia akan belajar banyak hal. Otaknya berkembang mencerna sebab akibat dan proses terjadinya sesuatu. Anak yang terlalu dijaga malah terhambat kreatifitasnya.

Perlu diingat kalau perkembangan anak berbeda-beda. Tidak semua bayi usia 14 bulan sudah mahir berajalan, mengucapkan kata, atau memanjat kursi dan lainnya. Mereka berkembang sebagaimana apa yang mereka lihat dan pelajari. Jadi jangan memaksanya atau menahan pertumbuhannya. Bayi usia 14 bulan ini layak untuk berkembang sesuai dengan apa yang ia butuhkan.