Anak-anak Family Hubungan Keluarga Tips Parenting Zona Ayah Zona Ibu

Tips Agar Tidak jadi Orang Tua Pemarah, Coba Yuk Ayah Bunda!

Tips agar tidak jadi orang tua pemarah. Anak adalah titipan dari Tuhan Yang Maha Esa yang membuat hidup kita penuh warna ya Ayah Bunda? Sayang ada juga warna gelap diantara warna-warna yang indah itu. terkadang kita merasa emosi terhadap anak dan membuat kita menjadi orang tua yang pemarah. Coba tips agat tidak jadi orang tua pemarah berikut ini yuk:

Baca Juga:

Perilaku Anak Berpotensi Menjadi Pembully

  1. Cuci Wajah

Loh kok cuci wajah? Marah adalah saat dimana syaraf kita tegang emosi dan hawa panas muncul. Karena itu baiknya ketika kita merasa akan marah lebih baik jika kita mengambil air lalu mencuci wajah kita supaya lebih tenang. Wajah menjadi lebih segar dan menjadi terapi ringan untuk meredam emosi. Kalau muslim biasanya dilakukan dengan berwudhu.

  1. Ambil Jeda Istirahat

Marah bisa muncul karena orang tua merasa kelelahan. Sehingga, anak yang rewel membuat emosi mudah naik. Cobalah untuk keluar ruangan menjauhi anak. Ambillah jeda dari satu hingga dua menit supaya emosi mereda. Hal ini penting supaya ibu memiliki waktu sejenak untuk mengontrol mood orang tua sendiri agar anak tidak jadi korban emosi orang tua yang tidak terkendali.

Tips agar tidak jadi orang tua pemarah

  1. Peluk Anak

Dari pada menggunakan tangan anak untuk memukul lebih baik salurkan energi untuk memukul itu dengan memeluk si anak. pelukan adalah salah satu terapi untuk mengontrole emosi sebab dari sana akan terjadisentuhan yang menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon endorfinatau hormon bahagia sehingga kita merasa nyaman. Kenyamanan ini akan membuat perasaan kita menjadi lebih tenang.

  1. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Terkadang orang yang sakit akan mudah marah begitu juga dengan orang yang sedang lapar. Baiknya penuhi hak tubuh terlebih dahulu untuk fit sehingga orang tua bisa lebih mudah mengontrol emosinya. Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat bukan? Jadi jangan biarkan kita menjadi pemarah karena sedang sakit atau sedang lapar.

  1. Realistis

Jangan mengahrapkan anak untuk jadi sempurna. Jika itu yang ada dalam pikiran kita maka kita akan terus marah karena anak tidak bisa menjadi sesempurna keinginan kita. Dari pada mengharapkan dia menjadi sempurna lebih baik kita bantu dia menemukan bakatnya dan biarkan ia berkembang sesuai dengan bakat yang ia miliki. Asalkan hal itu tidak melanggar hukum negara dan norma yang ada.

Tidak mudah memang menghadapi anak yang ternyata melakukan hal-hal yang tidak disukai orang tua. Tips agar tidak jadi orang tua pemarah ini bisa diterapkan oleh siapa saja. Selebihnya orang tua sendirilah yang tahu bagaimana kondisi anak dan cara menatasinya tanpa harus melibatkan emosi. semoga tips agar tidak jadi orang tua pemarah ini bermanfaat!

About the author

ADMIN

5 Comments

Click here to post a comment