Hubungan Hubungan Keluarga News Inspirasi Tips Parenting Tumbuh Kembang

Anak Menjadi Pembully? Ternyata Penyebabnya Perilaku Orang Tua Yang Begini!

Kasus bullying selalu menjadi peristiwa mengerikan yang bisa menimpa siapa saja. Anak-anak membully temannya tanpa belas kasih sama sekali. Sebagian besar orang yang melihat peristiwa ini selalu bertanya-tanya. Kok ada sih anak yang begitu?. Berikut ini sikap orang tua yang bisa membuat anak menjadi pembully.

anak menjadi pembully

  1. Perlakuan Kasar Orang Tua Terhadap Anak

Orang tua yang geram dengan tingkah anaknya terkadang tanpa sadar melakukan kekerasan terhadap sang anak. Entah itu dengan memukul, menjewer, mencubit, atau membentak. Rupanya hal ini berakibat buruk bagi perkemabangan jiwa anak. Ia akan menjadi sosok yang keras hati dan tega memukul orang lain atau kerabatnya sendiri. Anak akan menganggap bahwa memukul adalah hal biasa sebab ia kerap mengalaminya.

  1. Membiarkan Anak Melihat Adegan Kekerasan

Dampingi anak saat sedang menonton film apapun apalagi sinetron. Tidak ada jaminan bahwa apa yang ia tonton itu bebas dari adean kekerasan. Film kartun seperti Tom and Jerry mempertontonkan adegan pemukulan sebagai hal lucu yang bisa ditertawakan. Padahal hal itu sama sekali tidak baik dilakukan didunia nyata. Karenanya bimbing anak selalu saat ia sedan gmenonton sekalipun.

  1. Terlalu Memanjakan Anak

Memeberikan segala hal yang diinginkan anak juga tidak menajdi hal yang bijak. Anak akan kehilangan rasa simpati dan empati terhadap sulitnya kehidupan. Ia tidak belajar menghargai jerih payah orang lain dan tidak pula belajar mengerti kesulitan orang lain. yang membuatnya tidak memiliki rasa peduli pada orang lain.

  1. Perbedaan Perlakuan Antar Anak

Hal ini banyak dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak lebih dari satu. Misalnya Ayah atau Bunda bersikap lembut kepada sang adik tapi keras terhadap kakaknya. Hal ini memimicu iri pada hati sang anak yang mengendap menjadi dendam kesumat. Pada akhirnya ia menumpahkan rasa ketidakadilan yang ia alami untuk membully orang lain. ia akan menjadi pembully unggul lantaran rasa ketimpangan dalam jiwanya yang perlu dilampiaskan. Bukan tidak mungkin ia akan membully adiknya juga suatu saat nanti.

  1. Menuntu Prestasi Anak Secara Berlebihan

Penyakit orang tua zaman kini adalah ingin anaknya lebih unggul daripada yang lain agar bisa dipamerkan di media sosial orang tua. Anak berusia 4 tahun sudah dituntut pandai membaca, menulis, dan berhitung. Ditambah lagi harus bisa keterampilan seni bermusik, menari, atau kemampuan lainnya. Anak akan stress dan sangat tinggi keinginannya untuk merendahkan orang lain. sebab ia butuh penyaluran akan apa yang membuatnya tertekan.

Baca Juga

Tips Agar Tidak Jadi Orang Tua Pemarah

Pembully muncul dari keluarga yang keras, penuntut, dan apatis. Untuk itu jangan pakasa anak untuk mengikuti apa mau kita tanpa peduli apa mau anak. Jiwa yang tertekan bisa melakukan apa saja. Termasuk anak menjadi pembully karena jiwanya yang terluka memaksanya untuk membuat luka pada orang lain juga. Jagalah generasi cegah anak menjadi pembully!

 

About the author

ADMIN

9 Comments

Click here to post a comment