Buah Hati Family Hubungan Keluarga

Mau Menjadi Orang Tua Tangguh, Lakukan Ini Dulu!

Menjadi orang tua tangguh tidaklah mudah. Sebab tidak mata pelajaran yang mengajarkan bagaimana mendidik anak saat kuliah. Bagaimana mendidik anak kita pelajari sendiri dari lingkungan, buku, atau seminar dari ahli. Itulah kenapa akan sangat tidak mudah menajdi orang tua yang tangguh. Bel lagi jika ada masalah lain yang mendera kelaurga. Untuk menjadi orang tua tangguh kita perlu menerapkan beberapa poin ini:

  1. Tak henti menasehatidan Meminta Nasehat

Ada banyak permasalahan yang tak bisa kita selesaikan seorang diri. Apalagi jika kita sedang menajdi orang tua. Berbagai masalah perkembangan anak. anak tidak mau makan, anak tidak mau bersosialisasi, atau berbagai masalah akademik anak tentu akan membuat kita cukup menghela nafas. Maka mintalah nasehat kepada orang yang memang sudah berpengalaman mendidik anak atau kepada ahli seperti psikolog anak.

  1. Maafkan Anak

Anak juga sebagai cobaan bagi orang tuanya. Mereka terkadang melakukan keslahan yang entah mereka sadari atau tidak. Sebagai orang tua kita harus memiliki banyak sekali maaf untuk mereka. Seperti hanya kita yang ingin selalu dimaafkan saat bersalah begitu pula mereka. namun, hal ini tidak berarti mereka harus lepas dari tanggung jawab. Kesalahn tetap harus diperbaiki tapi maaf harus terlebih dahulu timbul.

  1. Koreksi Diri

Ketika anka melakukan kenakalan yang menurut oran gtua keterlaluan, ada baiknya orang tua mengoreksi diri. apakah selama ini kita telah memberikan kasih sayang yang berlimpah. Telah mendidik mereka dengan pendidikan terbaik. Atau kita telah menjadi teman utama bagi mereka untuk berbagi suka dan duka. Jika belum, maka kita harus bercermin dan memperbaiki kesalahan kita.

  1. Dekati Yang Maha Esa

Dialah yang lebih mengetahui apa yang terbaik bagi anak-anak kita. Segala masalah datang dan pergi atas izin-Nya karena itu perbanyaklah berdo’a agar naka-anak menajdi generasi yang tidak pernah lupa Tuhannya, berbakti kepada orang tua, dan berperilaku layaknya orang-orang beriman. Mintalah Dia menjaga putra-putri kita dimanapun mereka berada agar tetap berada dalam lingkungan yang sehat dan beriman.

Menjadi orang tua tangguh bukan hal sepele sama sekali tapi juga bukan hal harus ditakutkan hingga kita harus menunda untuk memiliki anak. mereka adalah berkah sekaligus tanggung jawab yang harus dipikul oleh orang tua. agar kelak generasi masa depan menjadi lebih baik. Karena tiada sekolah menjadi orang tua tangguh maka kitalah yang harus mencari ilmunya.