Hubungan Hubungan Keluarga Tips Parenting Uncategorized

Mencari Pengasuh Anak? Berikut Ini Tips Yang Harus Kita Tempuh Ayah Bunda!

Mencari pengasuh anak sebenarnya bukan hal berat namun perlu kehati-hatian ekstra. Sebab ia akan mengasuh anak kita yang berarti harta yang paling berharga. Sudah banyak sekali kasus pengasuh yang tidak bisa dipercaya. Nah, ada beberapa tips untuk mencari pengasuh anak yang bisa kita tiru.

Baca juga

Teman Khayalan Si Kecil

Mencari pengasuh anak

1. Cari Dari Kerabat

Jika ada kerabat kita yang kebetulan bisa mengasuh anak kita maka hal ini bisa dipertimbangkan. Selain anak sudah lebih kenal, kita juga sudah tahu banyak tentang orang yang akan mengasuh anak kita. Jika bukan kerabat, maka bisa juga orang yang sudah dikenal baik oleh kerabat kita. Mendapat pengasuh yang sudah kita kenal dengan baik kiprahnya akan membuat kita lebih tenang.

2. Cari Dari Yayasan Resmi

Jika tidak kerabat atau kenalan dekat kerabat yang bisa kita minta untuk membantu mengasuh anak baiknya gunakan lembaga resmi. Saat ini sudah banyak lembaga yang menyalurkan pembantu rumah tangga serta pengasuh anak dengan bekal pendidikan yang baik. Teliti dahulu lembaga tersebut apakah sudah resmi atau tidak. Sebab banyak sekali lembaga penyalur tenaga kerja domestik yang abal-abal

3. Mengetahui Latar Belakang Calon Pengasuh

Tak hanya tahu identitas tapi juga tahu karakter si calon pengasuh anak. Para calon pengasuh paati sudah mendapat beberapa pelatihan mengasuh anak dari lembaganya minimal dia sudah pernah mengasuh keponakan atau anaknya sendiri. Namun, tidak semua pengasuh sesuai dengan karakter anak. Karena itu, kita perlu tahu karakter mereka akankah bisa sesuai dengan anak kita atai tidak.

4. Lakukan Wawancara

Meski calon pengasuh ini sudah mahir atau berpengalaman, belum tentu ia akan mampu menjaga anak kita. Lalukanlah wawancara untuk menggali informasi lebih dalam tentang si calon pengasuh ini. Baik bagaimana cara dia memandang, berbicara, dan bahasa tubuhnya. Hingga kita benar-benar tahu apakah si calon pengasuh ini akan mampu menangani anak kita atau tidak.

5. Masa Percobaan

Amati perkembangan hubungan anak dengan si calon pengasuh ini selama beberapa saat kedepan. Berikan masa percobaan misalnya dua minggu atau satu bulan untuk menilai bagaimana ia mengasuh anak. Serta untuk mengetahui kecocokan karakternya dengan anak kita. Lihat apakah pengasuh ini mampu mmembuat anak kita mengerti apa yang baik dan apa yang tidak.

Ada banyak hal yang harus kita telisik dalam mencari pengasuh anak yang baik. Mulai dari karakter, tutur kata, serta caranya berpenampilan. Hal ini penting sebab ia akan menjadi pengasuh anak kita. Anak akan meniru apa yanh dilakukan oleh orang terdekatnya. Maka, mencari pengasuh bukan hal yang mudah dan butuh kejelian agar anak kita berada di tangan yang tepat.

About the author

ADMIN

6 Comments

Click here to post a comment