Buah Hati Hubungan Keluarga Inspirasi Pendidikan Tumbuh Kembang

Tips Agar Anak Suka Membaca Buku Sejak Dini

Anak suka membaca

Anak suka membaca. Senangnya jika si kecil suka membaca. Tapi diera digital begini anak lebih suka ber-gadget ria dari pada membaca. Mereka lebih suka bermain game, mendengarkan lagu, atau menonton video. Bagaimana ya agar anak suka membaca?

Baca juga

Anak indigo

1. Hadiahkan Buku Untuk Anak

Sederhana bukan Ayah Bunda. Jika si kecil sering diberi hadiah buku maka ia akan akrab dengan buku. Buku yang ia punya akan menggelitik keingin tahuannya. Awal-awal anak akan suka pada gambarnya lalu perlahan mulai menyadari deretan huruf yang ada. Hingga ketika ia bisa membaca ia akan takjub dengan tulisan yang ternyata membentuk sebuah cerita.

2. Wisata Buku

Ajak anak untuk pergi ke tempat-tempat literasi. Yang paling mudah dan murah tentu ke perpustakaan daerah. Atau ajaklah merrka ke toko buku. Jika ada taman baca maka akan lebih baik sebab ia akam bertemu dengan teman-teman lain yang juga suka membaca. Dari sini minat akan buku terus ditempa.

3. Dongeng Sebelum Tidur

Gantilah kebiasaan gadget dengan buku. Ajak anak menyelami cerita rakyat, kisah-kisah nabi dan sahabat, atau fabel. Gunakan ekspresi saat mendongeng agar anak tertarik. Nah, sampai disini Ayah dan Bunda akan melihat anak mulai penasaran dengan apa yang dibacakan untuknya. Kelak saat ia sudah pandai membaca maka ia akan ingat pada cerita yanh sudah kita dongengkan.

4. Lakukan Bedah Buku Bersama

Diakhir pekan Ayah dan Bunda bisa melakukan sesi tanya jawab perihal buku apa saja yang sudah dibaca. Lakukan diakusi dengan anak buku apa yang paling mereka sukai. Ingatkan pada pesan tersirat yang ada dalam cerita. Sehingga mereka memahami bahwa membaca bukanlah aktifitas membuang waktu saja tapi ada manfaat atau hikmah yang bisa dipetik.

Agar anak suka membaca tidaklah sulit. Tugas kita hanya memperkenalkan buku dan menjadikannya sebagai bagian dari keseharian si kecil. Mulailah dengan buku bergambar. Dengan menjadikan buku sebagai teman si kecil ia akan terbiasa. Nah, anak akan suka membaca seiring dengan berjalannya waktu.

About the author

ADMIN

3 Comments

Click here to post a comment