Batita Bayi Buah Hati Tumbuh Kembang

Bayi Tidur Sendiri Ternyata Baik Bagi Tumbuh Kembang Lho Ayah Bunda!

Bayi tidur sendiri. Di Indonesia biasanya anak akan tidur bersama dengan kedua orang tuanya. Bahkan ada yang masih tidur dengan orang tuanya hingga usia sskolah dasar. Padahal anak baiknya diajarkan untuk tidur di tempat tidur terpisah dari orang tuanya.

Baca Juga

Agar Anak Suka Membaca

bayi tidur sendiri

Menurut hasil penelitian yang terdapat dalam jurnal sleep medicine, bayi tidur sendiri akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik jika dibandingkan tidur dengan orang tua. Mereka bahkan bisa tidur nyenyak selama 9 jam. Tidur berkualitas baik ini sangat baik bagi tumbuh kembang anak.

Bayi yanh tidur dengan orang tuanya beresiko tinggi terkena SIDS dengan berbagai sebab. Seperti kasus bayi yang mendadak meninggal karena tertimpa tangan ayahnya, kehabisan nafas lantaran tertutup selimut, atau tidak sengaja terbebani dengan tubuh orang tuanya sendiri.

Bayi tidur sendiri juga bisa mempermudah orang tua untuk melatih anaknya tidur sendiri. Hal ini biasanya menjadi masalah ketika anak sudah besar tapi tidak mau tidur di kamarnya sendiri. Sebab dari awal tidak dilatih untjk tidur sendiri.

Interaksi kedua orang tua juga bisa lebih nyaman jika anak tidur di kamarnya sendiri. Anak perlu istirahat yang cukup, sedangkan terkadang orang tua perlu waktu tidur yang lebih sedikit karena harus membicarakan beberapa hal penting. Kebiasaan orang tua yang berdiskusi di tempat tidur bisa mengganggu kualitas tidur anak.

Bayi tidur sendiri diusia empat bulan sudah menjadi hal lumrah di negara maju. Meski di Indonesia orang tua akan mendidik anak untuk tidur sendiri ketika si anak sudah mencapai usia Taman Kanak Kanak. Jika masih ingin mengamati anak maka buatkan box tempat tidur yang nyaman bagi si kecil. Jadi, orang tua masih bisa melihat si kecil tertidur didekat mereka tanpa mengganggu istirahat bayi itu sendiri.

Nah, bayi tidur sendiri ini telah diteliti dari berbagai negara maju seperti Amerika, Australia, dan beberapa negara lainnya. Hasilnya bayi mendapatkan istirahat terbaik dengan persentase 85% dibanding ketika bayi tidur dengan orang tua. Nah, bagaimana Ayah Bunda mau coba?

About the author

ADMIN

8 Comments

Click here to post a comment