Family Hubungan Hubungan Keluarga Informasi Inspirasi

Media Sosial Untuk Orang Tua, 4 Hal Ini Haram Dilakukan Ayah Bunda!

Media sosial sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari manusia masa kini. Istilah people nowadays kerap dikaitkan dengan ikatan kuat antara manusia dan teknologi. Terutama media sosial yang memang paling banyak digemari. Fitur-fitur yang ditawarkan pun kian canggih.

media sosial

Sebagai orang tua generasi milenea memang tak bisa lepas dari sosmed. Tiada hari tanpa sosmed. Tapi ada beberapa hal yang harus dihindari orang tua dalam bermedia sosial, diantaranya:

Curhat Masalah Rumah Tangga

Melihat beranda kita penuh dengan curhatan tentu kurang menyenangkan. Apalagi jika curhatan itu berkaitan dengan aib keluarga seperti suami, anak, atau mertua. Apa yang akan kita dapat dengan curhat selain hanya dikomentari dan di like. Hanya satu dua saja yanh benar-benar berusaha membantu bukan? Curhat ada tempatnya tak harus semua orang tahu masalah apa yang kita hadapi. Cukup ceritakan kepada orang yang memang bisa membantu atau tanyalah kepada pakar.

Memamerkan Anak

Anak adalah anugerah yang kuasa. Tapi bukan untuk dipamerkan melainkan untuk dididik. Pamer anak dalam konotasi negatif bisa menimbulkan iri hati bagi mereka yang kebetulan belum dikarunia momongan. Selain itu mata-mata para pedofilia juga sangat berbahaya. Karena itu bijaklah dalam mengunggah foto anak. Jangan yang menampakkan bagian intim atau tanpa pakaian sopan.

Pamer Kemesraan

Selain pamer anak biasanya orang tua atau pasangan suka sekali pamer kemesraan. Apalagi bagi yang pengantin baru. Tidak semua yang melihat media sosial adalah orang dewasa. Bagaimana jika yang melihat adalah anak-anak bukankah mereka bisa meniru apa yang mereka lihat dengan cepat dan mudah?

Berkata Kasar

Meski dunia maya tidak memiliki aturan tertulis tapi bukankah ada etika yang harus tetap kita jaga. Jangan biarkan kata-kata sampah bertebaran dalam status kita. Bukankah kita ingin generasi yang lebih baik? Jika kita tak memberi contoh yang baik maka dari siapa anak-anak kita akan memperoleh teladan?

Sudah cukup banyak kita lihat kerusakan generasi secara nyata maupun dimedia sosial. Maka jangan kita tambah keburukan dengan keburukan lagi. Orang tua harus bijak dalam menggunakan media sosial. Daripada untuk sekedar pamer akan lebih baik jika media sosial kita berisi kata-kata bijak atau tips yang berguna bagi kebaikan. Atau seperti yang sedang booming saat ini sebagai sarana jual beli online.

About the author

Khipti Fatimah

6 Comments

Click here to post a comment