Batita Buah Hati Family Hubungan Keluarga Keluarga Tumbuh Kembang

Pola Asuh Orang Tua VS Kakek Nenek, Gimana Biar Klop Ya?

Pola asuh orang tua vs kakek nenek. Tidak bisa dipungkiri anak-anak memang membutuhkan kakek dan neneknya untuk memenuhi kebutuhan kasih sayang yang perlu ia dapatkan dari sisi keluarga besar. Karena itu kedekatan antara anak dengan kakek dan neneknya juga sangat penting bagi perkembangan kemampuan sosial anak.

Baca juga:

Jika Anak Melihat Orang Tua Berhubungan Intim

pola asuh orang tua vs kakek nenek

Namun, kerap kali ada perbedaan pola asuh yang diterapkan orang tua dengan perlakuan oleh kakek dan neneknya.  Hal itu bisa membuat anak bingung. Terkadang orang tua ingin menerapkan kedisiplinan tapi kakek nenek terkadang malah menganggap kita sebagai orang tua “kejam”. Karena itu perlu kesamaan visi antara orang tua dengan kakek nenek dengan cara berikut ini:

  1. Membicarakan Secara Terbuka

Adakan pembicaraan secara terbuka dengan orang tua mengenai pola asuh yang akan kita terapkan pada anak-anak kita. Misalnya tentang bangun pagi. Orang tua sudah menerapkan agar anak bangun pagi hari yaitu pukul lima pagi. Maka, ketika sedang berada di rumah kakek neneknya ceritakan kepada keduanya supaya anak dibangunkan pada jam tersebut. Meski hari itu adalah hari libur. Agar anak tetap disiplin.

  1. Hargai Pendapat

Bagaimanapun juga kakek nenek sudah pernah mendidik orang tua hingga dewasa. Mereka tentu sangat memahami bagaimana sifat anak-anak. Baiknya hargai pendapat orang tua ketika mereka memberikan saran pola asuh. Jika memang tidak menerima, maka jelaskan alasan yang tepat agar keduanya tidak tersinggung.

  1. Ajak Kakek Nenek Berbagi Peran

Melibatkan peran kakek nenek dalam pola asuh sangat penting. Sebab, anak akan betul-betul memahami apa yang harus ia terapkan dalam kehidupannya. Kesesuaian aturan antara kakek nenek dan orang tua akan memberikan konsep yang rapi dalam memori anak sehingga anak akan menyimpannya secara utuh didalam ingatan mereka.

  1. Jelaskan Perbedaan Pola Asuh

Ajak orang tua untuk berdiskusi. Jika pola asuh yang diterapkan berbeda maka anak akan merasa bingung. Karenanya orang tua dan kakek nenek harus sepakat dalam hal yang sifatnya kedisiplinan atau pengembangan karakter sementara ada hal-hal lain yang bisa dilonggarkan misalnya dalam hal yang tidak prinsip seperti makan buah hari ini tidak harus apel, bisa berganti jeruk, anggur, atau buah lainnya.

  1. Ajak Kakek Nenek Menambah Pengetahuan Tentang Pola Asuh

Bagaimanapun anak masa kini akan sangat berbeda dengan anak masa sebelumnya. Sebab pengetahuan terus bertambah, teknologi semakin maju, serta lingkungan sudah banya yang berubah. Kakek dan nenek perlu menambah secara intens pengetahuna tentang pola asuh masa kini yang sesuai untuk generasi masa sekarang. Sebab tantangan setiap generasi akan berbeda-beda.

  1. Jalin Keakraban Dengan Kakek Nenek

Kakek dan nenek memiliki perkembangan yang penting bagi kebutuhan anak terutama dengan kasih sayang. Dengan adanya peran kakek dan nenek akan memperkaya interaksi sosial anak,sehingga anak akan tahu bagaimana bersikap dengan orang yang bukan orang tuanya. Mereka juga bisa memahami hubungan antara orang tua dan anak selain hubungan yang mereka lihat didalam rumah mereka sendiri.

Happy Asian family

Ada banyak kasus pola asuh orang tua vs kakek nenek yang akhirnya justru membuat percekcokan. Seringkali hal ini karena keduanya sama-sama kurang belajar menghargai pendapat yang lainnya. Pola asuh orang tua vs kakek nenek ini kahirnya membuat anak tidak bisa menetukan sikap. Karena itu penting adanya komunikasi terbuka antara orang tua dan kakek neneknya.

 

 

 

About the author

ADMIN

10 Comments

Click here to post a comment