Family Hubungan Hubungan Keluarga Keluarga

Resolusi KeluargaTahunan, Perlukah?

Resolusi keluarga tahunan bukan hal yang baru bagi pasangan suami istri. Dalam hal ini bukan hanya resolusi perorangan tapi juga bagi semua anggota keluarga. Maksudnya adalah pencapaian target misi keluarga. Dalam hidup tentu setiap keluarga memiliki visi dan misi yang akan dicapai bukan.

Nah, beberapa misi yang akan dicapai bisa diurutkan sesuai dengan kemampuan keluarga masing-masing.

Resolusi keluarga tahunan berkaitan erat dengan pencapaian misi yang aplikasinya dilakukan pada tahun yang sudah ditentukan. Agar keluarga bisa saling bekerjasama da saling bersinergi untuk mencapai target yang ditentukan pada tahun ini. Semua anggota keluarga harus tahu apa yang akan dicapai ditahun berikutnya.

Ajaklah semua anggota keluarga berdiskusi apa yang akan dicapai tahun depan. Sang Ayah menjadi pemimpin diskusi. Tanyakan kepada ibu dan anak-anak apa yang menjadi target keliarga tahun depan berikut langkah apa yang akan diambil untuk mencapainya. Semua boleh menyampaikan ide. Misalnya akan ada 10 target yang akan diusahakan terpenuhi. Pertama rumah akan direnovasi, adek akan mulai les bahasa asing, kakak ikut club sepakbola, dan sebagainya.

Buatlah sebuah bagan yang berisikan resolusi keluarga tahun depan. Hal ini untuk mempermudah para anggota keluarga mengingat resolusi keluarga tahunan. Tempelkan bagan ini diruang keluarga atau bisa juga di tempat lain yang sering dilihat sesuai dengan kesepakatan bersama. Supaya semua anggota keluarga paham apa yang akan dicapai bersama.

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, baiknya semua anggota keluarga juga bersinergi. Tak hanya Ayah atau Ibu saja yang berusaha keras. Anak-anak boleh berperan secukupnya. Tentu saja Ayah dan Bunda yang paling banyak mengusakan target tersebut tercapai.

Misalnya, misi tahun depan akan membeli kendaraan baru. Maka semua anggota keluarga harus bersinergi untuk mengarah kesana. Misalnya, jika penghasilan tidak meningkat maka hal yang harus dilirik adalah uang kebutuhan yang dipangkas untuk disisihkan demi membeli kendaraan baru. Jika Ayah Bunda masuk dalam kategori keluarga kaya akan mudah, tapi akan berbeda jika kita berasal dari keluarga yang sedang berjuang.

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalab dengan evaluasi. Resolusi tahunan keluarga memerlukan evaluasi. Hal ini bisa antara Ayah dan Bunda saja juga mengajak anggota keluarga yang lain. Fungsinya agar keluarga memiliki tujuan yang sama sehingga tidak ada yang saling menyalahkan nantiya.

About the author

ADMIN

4 Comments

Click here to post a comment