Anak-anak Balita Buah Hati Family Hubungan Hubungan Keluarga Tips Parenting Zona Ayah Zona Ibu

Lindungi Anak Dari Pedofilia, Awasi Pergaulan Anak Ayah Bunda!

Lindungi anak dari pedofilia. Akhir-akhir ini fenomena penyimpangan seksual sedang mewabah di Indonesia. Mereka yang menyerang anak disebut dengan pedofilia. Sebutan bagi target anak-anak yang dituju jika ank perempuan adalah loli dan anak laki-laki adalah shota.

Baca juga:

Ajarkan Anak Pandai Berbagi

Kengerian ini semakin menjadi sebab pedofilia bisa ada dimana saja. Mereka menyerang anak usia balita hingga sekolah dasar. Kelompok pedofilia ini sulit dideteksi sebab mereka bisa bertingkah seperti layaknya orang normal. Karena itu Ayah Bunda, selaku orang tua kita harus ekstraprotektif pada anak. Berikut ini tips lindungi anak dari pedofilia.

lindungi anak dari pedofilia

1. Ajari Anak Terbuka

Dalam hal ini orang tua harus bertanya kepada anak apa saja yang ia lakukan seharian ini. Bimbing anak agar pandai bercerita. Ia hari ini bermain dengan siapa saja dan melakukan permainan yang seperti apa.

2. Ajarkan Area Pribadi

Selalu tanamkan pada anak agar janhan boleh ada yang menyentuh area pribadi mereka. Misalnya jangan boleh ada yang menyentuh area dari bawah leher hingga bawah pusar. Jika ada yang berani mencoba melakukannya maka harus dilawan. Atau kalau bisa berlari maka ajarkan agar ia berlari sambil berteriak minta tolong.

3. Ajarkan Nama-nama Area Sensitif

Orang tua juga perlu mengajarkan nama area sensitif mereka. Jika ia mendapatkan istilah lain selain yang kita ajarkan maka orang tua harus bertanya dari mana ia tahu istilah baru itu. Sebab ada indikasi ia melihat area sensitif orang lain atau orang lain yang melihat area sensitif miliknya.

4. Ajarkan Anak Untuk Bermain di Tempat Ramai

Selalu tanamkan pada anak bahwa bermain itu diluar rumah atau tempat terbuka yang ramai orang. Misalnya bermain di lapangan atau taman bermain. Usahakan agar anak bermain dengan banyak anak yang seumuran dengannya.

5. Cek Anak

Menurut psikolog Ely Risman, awasi pergaulan anak. Lihat ia bermain dengan siapa saja, bahkan beliau menyarankan agar kita tidak meninggalkan anak terlalu lama. Usahakan agar setiap sepuluh menit sekali lihat anak yang sedang bermain, jika memungkinkan. Atau berikan durasi waktu bermain.

6. Jangan Sembarang Membuka Identitas Anak

Jika orang tua suka mengungah foto anak di media sosial, maka jangan unggah segala infromasi anak. Jangan pernah menyebutkan identitas pribadi anak dihadapan media sosial yang kita tidak tahu betul siapa saja yang bertrman dengan kita. Usahkan unggah anak dengan pakaian lengkap dan sopan. Jangan hanya menggunakan pakaian dalam seperti kaos dalam dan celana dalam. Termasuk hindari foto anak yang sedang berenang dengan bikini atau sedang mandi.

Era moderen ini orang tua memang dipaksa untuk ekstra menjaga buah hatinya. Generasi masa kini memiliki banyak tantangan dan bahaya. Kita harus menghadapi musuh generasi mulai dari narkoba, perilaku seks menyimpang, hingga jauhnya norma agama dan budaya. Lindungi anak dari pedofilia sejak dini.

About the author

ADMIN

1 Comment

Click here to post a comment