Kebiasaan Ini Bisa Membuat Mandul Seseorang

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Mandul Seseorang

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Mandul Seseorang  РAda banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuburan. Gaya hidup yang selama ini di jalani mungkin saja tanpa Anda sadari sebenarnya merupakan kebiasaan yang membuat mandul.

Jika Anda kesulitan memperoleh keturunan padahal merasa sehat-sehat saja, mungkin Anda memiliki kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kesuburan. Kebiasaan yang membuat mandul lainnya adalah mengabaikan kesehatan bagian reproduksi. zonakeluarga.

Pasalnya, tidak sedikit penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan kemandulan tetapi tidak memiliki gejala signifikan sehingga seringkali tidak di ketahui keberadaannya hingga gangguan reproduksi sudah muncul.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang membuat mandul dan sebaiknya Anda sudahi sekarang juga.

1. Kurang tidur

Kurang tidur tidak saja dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang tapi bisa juga memengaruhi kesuburan.

Kaitan keduanya masih tidak bisa di pahami sepenuhnya. Tetapi studi menunjukkan bahwa aktivasi hipotalamus hipofisis adrenal (HPA) dan di sritmia sirkadian yang terjadi karena kurang tidur dapat mengganggu kondisi reproduksi.

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Mandul Seseorang

2. Konsumsi kafein berlebihan

Sebuah penelitian menemukan adanya peningkatan risiko keguguran karena asupan kafein. Karena perempuan biasanya tidak mengetahui dirinya sedang hamil selama beberapa minggu awal, maka sebagai langkah pencegahan, Anda di sarankan untuk membatasi asupan kafein jika sedang program hamil.

Batas konsumsi kafein yang di rekomendasikan selama kehamilan adalah tidak lebih dari 200 mg kafein per hari atau setara dengan satu cangkir kopi 12 ons atau sekitar 350 ml.

3. Olahraga berlebihan

Olahraga sebagai bagian dari gaya hidup aktif memiliki banyak sekali keuntungan bagi fisik dan mental. Namun, olahraga berat secara berlebihan justru bisa menjadi kebiasaan yang membuat mandul.

Berolahraga lebih dari 60 menit sehari di nilai berpotensi memicu peningkatan risiko anovulasi (kurangnya ovulasi). Deposit IDN Poker 99

Di sisi lain, olahraga berat yang berlangsung 30 hingga 60 menit sehari justru dapat mengurangi risiko infertilitas yang di sebabkan oleh anovulasi. Maka penting sekali untuk tidak berolahraga terlalu berat secara berlebihan.

4. Asupan gula berlebihan

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis merupakan kebiasaan yang bisa membuat mandul. Pasalnya, gula dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit berat yang mengganggu kesuburan, seperti kegemukan (obesitas), penyakit jantung dan stroke, diabetes tipe 2 dan kanker.